Kolaborasi Antara Duta Digital Kabupaten Gianyar Dengan LPPM UNUD Dalam Pengembangan Program Desa Cerdas (Smart Village) Di Kabupaten Gianyar

14 Maret 2022
Admin
Dibaca 109 Kali
Kolaborasi Antara Duta Digital Kabupaten Gianyar Dengan LPPM UNUD Dalam Pengembangan Program Desa Cerdas (Smart Village) Di Kabupaten Gianyar

Dalam rangka Pengembangan Program Desa Cerdas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) Tahun 2022, Duta Digital Kabupaten Gianyar melaksanakan koordinasi dengan Ketua dan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana, Senin (14/3/2022) yang bertempat di gedung LPPM lantai 4, Rektorat Universitas Udayana, Badung, Bali.

Program Desa Cerdas merupakan program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa dari Kemendesa PDTT dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Di Bali khususnya di Kabupaten Gianyar, terdapat 30 desa yang menjadi lokus program Desa Cerdas. Pelaksanaan program Desa Cerdas dilaksanakan selama 2 tahun kedepan (2022-2023) yang didukung oleh adanya Duta Digital sebagai pendamping pada tingkat kabupaten dan Kader Digital di tingkat desa. Sebagai pendamping desa, Duta Digital dan Kader Digital bertugas untuk memfasilitasi desa dalam mengembangkan 6 pilar desa cerdas (Tata Kelola Cerdas, Ekonomi Cerdas, Masyarakat Cerdas, Lingkungan Cerdas, Mobilitas Cerdas dan Kehidupan Cerdas). Sebagai upaya pengembangan program Desa Cerdas, diperlukan kolaborasi dari 5 kelompok pemangku kepentingan utama (kolaborasi pentahelix) yaitu pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, media serta akademisi (universitas).

Sejalan dengan tujuan LPPM dalam mengembangkan penelitian, inovasi teknologi dan pengabdian masyarakat guna memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan, sehingga dapat mempercepat proses pembaharuan, pengembangan dan penerapan ipteks, serta meningkatkan peran dan kontribusi lembaga dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pemecahan masalah bangsa dan kepekaan lingkungan dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional. Maka dari itu, penting dibangunnnya jejaring antara  LPPM (universitas) dengan desa dalam kolaborasi penyelenggaraan program Desa Cerdas melalui program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di lokus Desa Cerdas Kabupaten Gianyar. Kegiatan kolaborasi ini diharapkan menjadi sarana dalam mendukung penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga dapat membantu desa dan masyarakat dalam mengembangkan potensi dan menangani masalah pembangunan di desa.