Tindaklanjut Kolaborasi Duta Digital Kabupaten Gianyar dengan LPPM Universitas Udayana dalam mewujudkan Program Desa Cerdas

20 Mei 2022
Admin
Dibaca 89 Kali
Tindaklanjut Kolaborasi Duta Digital Kabupaten Gianyar dengan LPPM Universitas Udayana dalam mewujudkan Program Desa Cerdas

Badung, 20 Mei 2022, dalam rangka pembentukan jejaring supra desa, Duta Digital Kabupaten Gianyar menindaklanjuti kolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana pada Jumat, 20 Mei 2022 bertempat di Gedung LPPM lantai 4, Rektorat Universitas Udayana, Badung, Bali. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Program Desa Cerdas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2022 di Kabupaten Gianyar.

Pada pertemuan ini, dibahas mengenai progam KKN Tematik Univeritas Udayana khususnya yang ada di Kabupaten Gianyar. Hasil pembahasan ini menyepakati ada 11 lokus desa cerdas di Kabupaten Gianyar yang akan dipilih sebagai lokasi kegiatan KKN Tematik Universitas Udayana periode XXV tahun 2022. Adapun 11 lokasi desa tersebut antara lain: Desa Melinggih Kelod, Desa Melinggih, Desa Puhu, Desa Mas, Desa Lodtunduh, Desa Pejeng Kelod, Desa Keramas, Desa Celuk, Desa Batuan, Desa Batuan Kaler, dan Desa Kemenuh. Pada 11 desa tersebut akan dilaksanakan program kolaborasi pengembangan desa antara Duta Digital dengan Mahasiswa KKN yang nantinya diharapkan dapat membantu mewujudkan Program Desa Cerdas.

Pada kegiatan KKN tematik ini terdapat 4 bidang yang akan dilaksanakan yaitu program pengembangan sarana fisik, program pengembanan kegiatan produksi, program pengembangan kesehatan masyarakat, dan program pengembangan kegiatan sosial budaya.  Empat bidang tersebut dapat dikolaborasikan dengan 6 pilar Desa Cerdas yang kemudian diturunkan menjadi suatu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diharapkan dapat menjawab permasalahan sekaligus mengoptimalkan potensi yang ada di masing-masing desa.