Visi dan Misi

14 Juni 2023
Admin
Dibaca 301 Kali

Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Penyusunan Visi Desa Kemenuh ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan di Desa Kemenuh seperti Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Masyarakat Desa pada umumnya. Pembangunan kondisi eksternal di Desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan Sukawati mempunyai titik berat di sektor Pertanian dan Pariwisata.

Maka berdasarkan pertimbangan diatas visi Desa Kemenuh adalah :

“Membangun Desa Kemenuh secara berkelanjutan berbasis sektor pertanian dan industri yang menunjang kepariwisataan berlandaskan Tri Hita Karana menuju Desa Kemenuh yang sejahtera, aman, tertib, maju, mandiri dan berbudaya”

Misi

Selain penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi – misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya Visi Desa tersebut. Visi berada di atas Misi. Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam Misi agar dapat dioperasionalkan/ dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misi pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Kemenuh sebagaimana proses yang dilakukan.

Maka Misi Desa Kemenuh adalah :

  1. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memperkuat ekonomi berbasis kerakyatan yang bertumpu pada kekuatan lokal dan meningkatkan pendapatan dan perekonomian desa dengan menciptakan lapangan kerja, memberikan kesempatan kerja, sesuai dengan potensi desa dalam bentuk merevitalisasi potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam.
  2. Menumbuhkan rasa aman di masyarakat dengan mengembangkan budaya partisipasi dalam mewujudkan keamanan di masyarakat dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas tenaga keamanan di desa.
  3. Menumbuhkembangkan budaya partisipasi dalam pembangunan dengan melibatkan masyarakat dalam menata lingkungan desa sehingga terwujud desa tertib dan asri .
  4. Meningkatkan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu dan pembinaan  dalam kehidupan social yang berkelanjutan, dinamis, kreatif, dan berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi.
  5. Menata dan mengembangkan potensi geografis, dan demografis desa di berbagai bidang pertanian, peternakan, kerajinan, kebudayaan, dengan membangun akses akses fisik untuk menunjang keberlangsungan kepariwisataan desa menuju desa yang mandiri.
  6. Memberikan sentuhan pembinaan di berbagai lembaga baik adat, sekaa teruna, keagamaan, kewilayahan, keamanan swakarsa, untuk mengembangkan kebudayaan lokal dengan pembinaan dan pelestarian budaya lokal.